Membuat "ABSTRAK"



Salam sobat edukasi, 

Bagi setiap mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir, membuat karya ilmiah menjadi sebuah keharusan. Namun menghadapi proses ini tidak jarang, setiap mahasiswa merasa kesulitan. Karya ilmiah atau Skripsi menjadi mimpi buruk bagi kebanyakan mahasiswa. Sehingga akan muncul berbagai kalimat bijak dari mahasiswa, "Aku menyerah, ingin nikah saja", "Ketemu Pembimbing dan kabar darimu, hanya itu yang membuat rindu", dan berbagai macam kalimat bijak mahasiswa lainnya hihihi. Tapi sobat edukasi jangan khawatir, blog ini akan membahas tuntas mengenai karya ilmiah. Nah, kita mulai dari abstrak  sobat edukasi. 

 

A.  PENGERTIAN ABSTRAK

Berdasarkan terminologinya bahwa pengertian terkait abstrak ada 2 (dua) macam, yakni sebagai berikut :

1.    Pengertian umum abstrak merupakan penyajian singkat mengenai isi tulisan sehingga pada tulisan, ia menjadi bagian tersendiri. Abstrak berfungsi untuk menjelaskan secara singkat kepada pembaca.

2.    Pengertian khusus abstrak adalah sesuatu yang dilihat tidak mengacu kepada obyek atau peristiwa khusus. Abstraksi menyajikan secara simbolis atau secara konseptual serta secara imajinatif sesuatu yang tidak dialami secara langsung.

Jadi abstrak adalah kata yang menunjukan kepada sifat, keadaan dan kegiatan yang dilepas dari objek tertentu. Pemahaman akan pengertian abstrak sepertinya masih dianggap sebagai suatu yang sulit bahkan tak teraplikasi. Namun dapat disimpulkan bahwa secara komprehensif abstrak merupakan tulisan sederhana yang tidak terlalu panjang penyajian kembali secara cepat, singkat, padat, dan mudah dipahami oleh pembaca yang merupakan salah satu bagian penting dalam menyusun karya tulis ilmiah.

Abstrak merupakan sebuah intisari ringkas mengenai isi karya tulis ilmiah, seperti skripsi, tesis, disertasi, atau laporan/jurnal hasil penelitian. Karya tulis ini merupakan salah satu hal yang menonjol pada sebuah karya tulisan ilmiah. Penyajiannya diletakkan pada bagian pertama sebuah karya tulis. Penulisan abstrak akan sulit dilakukan jika dikerjakan di awal kegiatan penulisan karya ilmiah. Lebih baik penulis menulisnya jika sudah memahami secara keseluruhan isi karya tulis ilmiah.

 

B.  FUNGSI ABSTRAK

Fungsi abstrak adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat perihal hasil penelitian yang telah dibuat. Uraian yang hanya satu halaman tersebut memudahkan abstrak dimasukkan dalam jaringan internet. Hal ini dimaksudkan memudahkan anda mengetahui hasil penelitian tanpa harus membaca keseluruhan penelitian yang berlembar lembar. Sehingga abstrak membantu anda dalam mencari referensi dalam penelitian yang anda cari.

Adanya abstrak akan menghindari tindakan plagiasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebuah penelitian akan terlindungi jika hanya abstraknya saja yang ditampilkan dan diperluas di internet.

 

C.  JENIS-JENIS ABSTRAK

Dalam penggunaannya bahwa abstrak diklasifikasikan dalam dua jenis, namun hal ini tergantung dari tujuan pembuatannya yakni sebagai berikut :

1.    Abstrak indikatif adalah abstrak yang menyajikan uraian secara singkat mengenai masalah yang terkandung dalam laporan atau karya ilmiah lengkapnya. Abstrak indikatif bertujuan agar pembaca mengetahui isi informasi tanpa memadatkan isi informasi aslinya dan hanya memberikan indikasi sasaran cakupan tulisan. Maka, pembaca dapat mempertimbangkan apakan tulisan asli perlu dibaca atau tidak.

2.    Abstrak informatif adalah miniatur laporan atau karya ilmiah asli dengan menyajikan data dan informasi secara lengkap sehingga pembaca tidak perlu lagi membaca tulisan aslinya, kecuali untuk mendalaminya. Dalam abstrak informatif, disajikan keseluruhan tulisan asli dalam bentuk mini. Seperti, judul, penulis, institusi, tujuan, metode dan analisis laporan, hasil penelitian, dan simpulan.

 

D.  MEMBUAT ABSTRAK YANG BENAR

Abstrak penyajiannya singkat mengenai isi tulisan sehingga dapat menjelaskan secara singkat kepada pembaca. Lalu bagaimana cara membuat abstrak yang benar? Membuat abstrak merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Cara membuat abstrak sendiri mempunyai kaidah dalam penulisannya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam menentukan isi dari karya tulis yang dibuat atau sebagai penggambaran terkait dengan keseluruhan penelitian pada skripsi yang akan dibuat. Abstrak merupakan salah satu unsur penting dalam struktur penulisan.

Bagaimana langkah-langkah yang harus dikerjakan saat membuat abstrak. Berikut penjelasan yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Dalam pembuatan abstrak yang benar dan sesuai dengan kaidah terdapat kaidah umum yang harus dipenuhi oleh para peneliti dalam cara membuat abstrak. Hal ini diharapkan oleh orang yang menjadikan penelitian kamu sebagai rujukan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Berikut tips yang perlu diperhatikan untuk menulis abstrak yang bisa sobat edukasi impelementasikan :

1.    Latar Belakang

Kaidah yang harus dipenuhi saat membuat abstrak adalah dengan memasukkan latar belakang dari permasalahan serta latar belakang yang dihadapi oleh peneliti. Adanya latar belakang membantu mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan penelitian yang dilakukan.

2.    Metode

Menjabarkan secara ringkas dan padat jenis metode penelitian apa yang dilakukan dalam penelitian. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara dan langkah yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

3.    Hasil Penelitian

Menjabarkan hasil penelitian yang dilakukan menjadi kaidah yang harus dijabarkan terkait dengan peneliti yang dilakukan. Jelaskan secara umum saja.

4.    Kesimpulan

Kesimpulan menjadi penutup dalam kaidah cara membuat abstrak yang bak. Dengan melampirkan kesimpulan dapat diketahui bahwa penelitian yang telah dilakukan apakah dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

5.    Berikan Kata Kunci di Akhir Paragraf

Kata kunci pada penelitian berguna untuk memudahkan pencarian secara online, kata kunci dapat dipilih dari kata-kata yang ada pada judul penelitian.

Berikut adalah cara membuat abstrak yang baik dan benar yang bisa sobat edukasi implementasikan. Sehingga, orang yang membaca abstrak yang telah kamu buat dapat dengan mudah dipahami. Terutama dosen anda yah sobat edukasi, bagi yang sedang mambuat karya ilmiah. Beberapa hal yang sobat edukasi perlu dipahami dalam membuat abstrak yakni sebagai berikut :

1)        Jumlah Kata

Cara penulisan abstrak pertama dalam penulisan kata maksimal adalah 150 kata. Jumlah ini merupakan aturan umum yang perlu dipahami oleh setiap mahasiswa atau peneliti. 150 bukan jumlah yang mutlak terpenuhi. Namun, aturan yang berlaku di Indonesia saat ini jumlah yang digunakan dalam penulisan abstrak adalah berkisar antara 100 sampai 150 kata.

2)        Jarak Antar Baris

Selanjutnya kita harus mengetahui spasi penulisan antar baris dalam cara membuat abstrak adalah spasi 1 (single spacing). Hal ini bertujuan untuk memadatkan abstrak yang dibuat serta dapat mencakup abstrak bahasa Indonesia dan abstrak bahasa Inggris dalam satu halaman.

3)        Penulisan Bahasa Asing

Penggunaan bahasa asing dalam abstrak harus dicetak miring dalam penulisannya. Tidak hanya mencakup bahasa Inggris saja tetapi juga bahasa ilmiah yang akan ditulis dengan penulisan abstrak.

4)        Jumlah Paragraf

Setiap membuat abstrak terdiri dari tiga paragraf. Pertama memuat: judul penelitian, rumusan masalah, latar belakang dan tujuan penelitian. Kedua memuat: metode penelitian, teknik analisa data, landasan teori. Ketiga memuat: hasil atau kesimpulan yang diperoleh dari penelitian. Atau dalam pembuatan abstrak juga hanya satu paragraf yang memuat 3 konsep paragaraf di atas, hal ini tergantung dari aturan sistematika penulisan kampus sobat edukasi yah.

5)        Bahasa

Dalam penulisan Abstrak Bahasa yang digunakan adalah bahasa induk dan bahasa global.

6)        Kata Kunci

Abstrak diberikan kata kunci yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Jumlah kata kunci yang diberikan sekitar 3 sampai 5 kata yang dipisahkan dengan tanda koma (,).

7)        Penulisan Singkat, Padat, dan Jelas

Penulisan abstrak yang akan dibuat perlu menulis abstrak dengan singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar jumlah kata yang digunakan tidak boros. Serta, poin yang ingin dibahas pada setiap paragraf tidak keluar dari penulisan abstrak yang baik dan benar.

 

 copyright : edukasiopanarifudin.blogspot.com


About opan.arifudin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar

ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN RENTABILITASPT. ALAM SUTERA REALTY TBK.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat kondisi kesehata suatu perusahaan ditinjau dari segi likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas. Jurna...